Bangkitnya Manchester City Dari kebangkrutan hingga miliaran

Dia telah mengawasi penunjukan manajer, Roberto Mancini. Dia telah membantu menandatangani pencetak gol kemenangan, Yaya Toure. Dia telah mengatur suara di sekitar kapten, Carlos Tevez. Dan semua itu terjadi karena ia telah menjadi perantara pengambilalihan terbesar di sepakbola Inggris.

Tetapi tiga tahun sebelumnya, kesuksesan seperti itu tidak terbayangkan bagi Cook. Mari bergabung bersama Agen bola terpercaya

“Dalam 10 hari berada di dalam klub sepak bola – dan furnitur saya masih datang dari Portland, Oregon – saya pikir saya mungkin akan membuat kesalahan yang cukup besar,” kenangnya setelah meninggalkan perannya di Nike untuk menjadi kepala eksekutif City di Mei 2008.

Langkah itu memenuhi “impian masa kecilnya” bekerja di sepak bola, tetapi segera berubah menjadi mimpi buruk.

Dia tiba untuk melihat tim barunya turun 8-1 di Middlesbrough pada hari terakhir musim ini – pertandingan yang akan menjadi yang terakhir bagi Sven-Goran Eriksson dengan pelatih asal Swedia itu digantikan oleh Mark Hughes.

Pemilik kota Thailand, Thaksin Shinawatra menghadapi tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan penipuan di tanah kelahirannya yang membuat asetnya yang hampir senilai £ 1 miliar dibekukan. Shinawatra tidak bisa lagi mendanai klub. daftarkan diri anda di agen sbobet terpercaya

Itu kenyataan [bahwa kita bisa keluar dari bisnis],” Cook mengungkapkan. “Ada sedikit tabrakan di jalan yang mulai terjadi karena tidak ada pendapatan yang masuk karena semuanya milik bank.

Kami memiliki banyak pemain yang harus dibayar dan kami juga mulai menandatangani beberapa pemain dan memberikan deposit kepada mereka.

Semuanya mulai sedikit salah dan kemudian Anda tidak punya modal investasi dari pemilik.

Tapi keluar dari kesulitan yang mengerikan datang pengambilalihan spektakuler yang mengubah lanskap sepakbola selamanya.

Cook memperantarai kesepakatan £ 200 juta untuk Kelompok Abu Dhabi United milik Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan untuk mengendalikan City pada 1 September 2008.Langkah itu membuat City menjadi klub terkaya di dunia.

Kesepakatannya sangat cepat, Cook mengakui. Dan sebenarnya jika Anda melihat kembali sekarang, itu agak naif secara profesional di kedua belah pihak.

Itu semua agak ke belakang dari serbet dan sedikit benar-benar nyata. Itu adalah dokumen satu halaman yang mengatakan Kami akan membeli klub sepak bola dan dapatkah Anda memastikan kami mendapatkan pemain tenda di ujung jendela.

Pada hari tenggat waktu transfer musim panas yang gila yang melihat City gagal dalam upaya untuk Dimitar Berbatov – yang bergabung dengan rival United – mereka menyelesaikan kontrak transfer rekaman Inggris senilai £ 32,5 juta untuk Robinho dari Real Madrid di bawah naungan Chelsea.

Saat bertugas internasional beberapa hari setelah pindah ke Etihad, Robinho dengan terkenal mengatakan: Chelsea membuat tawaran bagus untuk saya secara pribadi dan bagus untuk Real Madrid, dan itu diterima. Chelsea? Tidak, Manchester.

Robinho menandatangani kontrak dengan kami ketika dia berada di London sehingga dia jelas tidak dalam perjalanan ke Manchester,” canda dia.

Ada beberapa klub yang mengejarnya dan ada unsur kepercayaan baginya bahwa dia tidak begitu yakin dengan siapa dia menandatangani.

Cook – yang kehilangan gelar setelah mengundurkan diri pada September 2011 – kembali ke kemenangan di Wembley delapan tahun lalu.

Hari itu mengubah seluruh dinamika dari apa yang kita tentang,” katanya. “Brian Kidd [asisten manajer Kota] membuat satu komentar kepada saya – ‘Garry, ketika Anda memenangkan yang pertama, itu adalah katalis yang membantu Anda memenangkan sisanya.

Saya pikir kemenangan Piala FA itu lebih simbolis daripada apa pun yang telah kami lakukan dalam 10 tahun terakhir, hanya karena apa yang diciptakannya dan cara itu mengubah budaya dan mentalitas klub.